22 December 2015

URGENSI MEMPELAJARI EKONOMI ISLAM (Studi Motivasi Belajar Ekonomi Islam Pada Anggota Kelompok Studi Ekonomi Islam Fakultas Ekonomika dan Bisnis Undip)



URGENSI MEMPELAJARI EKONOMI ISLAM (Studi Motivasi Belajar Ekonomi Islam Pada Anggota Kelompok Studi Ekonomi Islam Fakultas Ekonomika dan Bisnis Undip)

TESIS

ABSTRAK

Sistem ekonomi kapitalisme,sosialisme,maupun gabungan dari keduanya telah terbukti gagal dalam menciptakan kesejahteraan dunia. Dunia internasional sekarang ini telah menemukan system ekonomi lain sebagai solusinya yaitu system ekonomi islam. Kesempurnaan system ekonomi islam baik dari sisi teori maupun praktik sudah semakin diakui oleh orang-orang yang beragama islam namun juga orang-orang non islam. Oleh karena itu, sangatlah penting untuk mempelajari ekonomi islam secara intensif karena seseorang baru dapat mengetahui hal tersebut penting atau tidak jikalau sudah mengetahuinya. Pentingnya belajar ekonomi islam seharusnya sudah diketahui benar oleh anggota KSEI FEB UNDIP sehingga mereka pastinya memiliki motivasi yang besar dalam mempelajari ekonomi islam. Namun dari hasil observasi  awal terlihat bahwa sebagian besar anggota KSEI FEB UNDIP masih kurang termotivasi untuk mempelajari ekonomi islam secara intensif. Tujuan dari penelitian ini adalah  untuk mengetahui factor intrinsic dan factor  ekstrinsik yang dapat memotivasi anggota KSEI FEB UNDIP belajar ekonomi islam. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang pengumpulan datanya dilakukan dengan metode triangulasi.  Adapun responden dari penelitian ini adalah para Kakak HEI yang merupakan pemandu dari kegiatan diskusi kecil mingguan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menyatakan bahwa factor motivasi belajar secara intrinsic terdiri dari factor cita-cita,  kemampuan, dan kondisi anggota KSEI baik itu dari fisiologis maupun psikologis (persepsi, minat, sikap, in telegensi). Adapaun factor psikologis yang bersumber dari motif agama merupakan factor yang paling mendasar dalam menumbuhkan motivasi belajar secara intrinsik. Sedangkan untuk factor belajar secara ekstrinsik terdiri dari factor lingkungan social (KSEI da n di luar KSEI), lingkungan non social (alamiah dan instrumental) serta upaya pengajar dalam pembelajaran. Amanah sebagai kakak HEI dan pengurus KSEI telah menjadi factor yang paling mendasar dalam menumbuhkan motivasi belajar secara ekstrinsik

Link Download 1: Klik
Link Download 2: Klik
Link Download 3: Klik 

No comments:

Post a Comment