Oleh :
Sri Susanti (11402242008)
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui kualitas pelayanan publik bidang administrasi kependudukan di Kecamatan
Gamping. Penelitian ini adalah penelitian deskriptifdengan menggunakan
pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun informan penelitian dalam
penelitian ini adalah 1 orang Kepala Bagian Pelayanan Umum sebagai informan
kunci, 3 orang petugas pelayanan di Kecamatan Gamping dan 3 orang masyarakat pengguna
jasa pelayanan sebagaiinforman pendukung. Teknik analisis data yang digunakan adalah
model interaktif. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber
dan metode.Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan kualitas
pelayanan publik bidang administrasi kependudukan di Kecamatan Gamping dilihat
dari aspek fasilitas fisik (tangible), kehandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness),
jaminan (assurance), empati (empathy) yaitu:(1) Bagian Pelayanan Umum di
Kecamatan Gamping belum memenuhi fasilitas pelayanan yang memadai untuk memberikan
pelayanan kepada masyarakat seperti se kursi diruang tunggu yang belum memadai
dengan jumlah pengunjung setiap harinya, belum adanya meja untuk menulis di
ruang tunggu, sarana informasi yang belum tersedia. Fasilitas seperti genset
kurang dioptimalkan sehingga ketika listrik mati maka proses pelayanan pun juga
akan berhenti total yang artinya masyarakat tidak dapat mendapatkan pelayanan.
Hal ini terjadi dikarenakan keterbatasan biaya dan belum ada dana yang
diberikan Kabupaten Sleman untuk Proses Pengadaan. (2) Masyarakat merasa puas
dengan pelayanan yang di berikan Kecamatan Gamping dalam aspek reliability (kehandalan)
mengenai kehandalan dalam menangani setiap keluhan masyarakat, handal dalam
segi waktu dan ketepatan proses pelayanan(3) pegawai dalam hal membantu
masyarakat yang membutuhkan pelayanan khususnya masyarakat yang bingung dengan
pelayanan sudah terlihat antara petugas dan pengunjung yang saling
berkomunikasi. (4) keamanan di Kecamatan Gamping sudah menunjukan upaya
meningkatkan kualitas pelayanannya terkait memberikan rasa aman bagi masyarakat
yaitu dengan menempatkan tukang parkir yang ikut mengamankan keadaan di
parkiran.(5) Aspek empati (empathy), yang diberikan pihak Kecamatan Gamping
yaitu dengan memberikan kesan yang menyenangkan. Hal itu dapat terlihat dari
sikap petugas yang menerangkan dengan sejelas-jelasnya mengenai prosedur
pelayanan dan menerima kritik mapun saran dengan sepenuh hati sebagai
interopeksi untuk layananyang lebih baik.
Link Download 1: Klik
Link Download 2: Klik
Link Download 3: Klik
No comments:
Post a Comment